-
1. Pengertian
Shalat
tarawih adalah shalat sunat dengan niat tertentu yang dikerjakan pada setiap
malam Bulan Rahamadhan setelah shalat isya’. Hukum shalat tarawih adalah sunah
‘ainiyah Muakkadah baik bagi laki-laki amaupun perempuan yang mukallaf.
Dalam
tradisi NU shalat tarawih 20 roka’at ini dikerjakan dengan dua roka’at salam,
hal ini berdasarkan hadist Nabi tentang tata cara melaksanakan shalat malam.
Nabi SAW bersabda :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ
رَجُلًا سَأَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. عَنْ صَلَاةِ الَّليْلِ فَقَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص.م. صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى (رواه البخارى,٩٣٦ ومسلم, ١٢٣٩
والترمذى ١٠٤,
والنسائ,١٦٥٩,وابو
داود,١١٣,وابن ماجه,١١٦٥)
Dari
Ibnu Umar ” Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang shalat malam.
Mereka Nabi menjawab, “ Shalat malam itu ada dua rakaat-dua rakaat” (HR
al-Bukhari : 936, Muslim : 1239, al-Tirmidzi : 401, al-Nasa’I :1650, Abu Dawud
:1130 dan Ibnu Majah : 1165).
2. Dalil Tarawih 20 Raka’at
Di
antara Dalil yang di gunakan Hujjah oleh orang NU dalam menjalankan tarawih 20
Raka’at yaitu :
Pertama
Hadist Imam Malik dari Sohabat Yasid bin Rumman.
عَنْ مَالِكٍ عَنْ يَزِيْدَ
بْنِ رُمَّانَ اَنَّهُ قَالَ: كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ فِىْ زَمَنِ عُمَرَ
بْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثِ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً.( رواه الامام مالك فى الموطأ).
“Dari
Malik, dari Yazid bin Rumman, ia mengatakan : Orang-orang mengerjakan (salat
Tarawih) pada zaman Umar bin Khathbab sebanyak 23 rakaat”. (HR Imam Malik,
dalam kitab al-Muwatha, Juz I hlm. 138)
Kedua
Hadist riwayat al-Baihaqi dari sahabat saib bin Yazid dalam kitab Al-Hawy li Al
Fatawa li As Suyuthy, Juz I hlm. 350, juga kitab fath al-wahhab Juz I, hlm. 58.
وَمَذْهَبُنَا اَنَّ
التَّرَاوِيْحَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً لِمَا رَوَى اْلبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ
باِلْاِسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ الصَّحَابِيِّ رَضِيَ
للهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا نَقُوْمُ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ _ هَكَذَا ذَكَرَهُ اْلمُصَنِّفِ وَاسْتُدِلَّ
بِهِ.
Madzbab
kita (Syafi’iyah) menyatakan : salat Taawih itu dijalankan 20 rakaat. Ini
berdasarkan pada hadist nabi yang diriwayatkan Imam Baihaqi dengan sanad
shabih, dari Saib bin Yasid, ia mengatakan : kita mengerjakan salat Tarawih
pada masa Umar bin Khathhab dengan 20 akaat ditambah Witir.
Ketiga,
pendapat Jumhur fiqih yang terdapat dalam kitab fiqih as-Sunah, Juz II. Hlm. 45
وَصَحَّ النَّاسُ كَانُوْا
يُصَلُّوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيِّ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.
وَهُوَ رَأْىُ الْجُمْهُوْرِ الْفُقَهَاءِ.
Betul
bahwa kaum muslimin mengerjakan salat pada zaman Umar, Utsman, dan Ali sebanyak
20 rakaat, dan ini pendapat sebagian mayoritas pakar-pakar hokum Islam.
Dalil
keempat, dalam kitab Taudbib al-Adillah, Juz III, hlm. 171.
عَنْ اِبْنِ عَبَسَ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُصَلِّى فِىْ شَهْرِ رَمَضَانَ فِىْ غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
وَاْلوِتْرِ.رواه البيهقى والطبرنى عن عبد بن حمد.
Ibnu
Abbas mengatakan : Rasul salat di bulan Ramadhan sendirian sebanyak 20 rakaat
ditambah Witir (HR Baihaqi dan Thabrani, dari Abd bin Humaid)
Dalil
kelima, dalam kitab Hamisy Muhibbah, Jus II, hlm. 446-467.
وَفِىْ تَخْرِيْجِ
أَحَادِيْثَ الرَّافِعِيْ لِلْاِمَامِ اْلحَاِفظْ اِبْنِ حَجَرَ مَا نَصَّهُ
حَدِيْثُ اَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّ بِالنَّاسِ عِشْرِيْنَ
رَكْعَةً لَيْلَتَيْنِ فَلَمَّا كَانَ فِىْ لَيْلَةِ الثَّالِثَةِ اجْتَمَعَ
النَّاسُ فَلَمَّا يَخْرُجَ اِلَيْهِمْ ثُمَّ قَالَ مِنَ الْغَدِّ خَشِيْتُ اَنْ
تَفْرُضَ عَلَيْكُمْ فَلَا تُتِيْقُوْنَهَا. متفق على صحته من حديث عائسة رضي الله
عنها دون عدد الركعات.
Ada
komentarnya ImamRafi’I untuk hadist riwayat Imam Ibnu hajar tentang teks hadist
Rasul salat bersama kaum muslimin sebanyak 20 rakaat di malam Ramadhan. Ketika
tiba di malam ketiga, orang-orang berkumpul, namun Rasulullah tidak keluar.
Kemudian, paginya dia bersabda, Aku takut Tarawih diwajibkan atas kalian, dan
kalian tidak mampu melaksanakannya. Hadist ini disepakati kesabibannya, tanpa
mengesampingkan hadist yang diriwayatkan Aisyah yang tidak menyebut rakaatnya.
Sedangkan salat Tarawih berjama’ah hukumnya sunat ainiyah, memurut ulama
khanafiyah hukumnya sunat kifayah. Dalil ini bedasarkan hadist Abu Durahman bin
Abdul Qari dalam kitab shaih al-Buhkari.
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
بْنِ عَبْدِ الْقَارِيِّ اَنَّهُ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ لَيْلَةٌ فِىْ رَمَضَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ فَاِذَا النَّاسُ
اَوْزَاعٌ مُتَفَرَّقُوْنَ يُصَلِّ الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ وَيُصَلِّ الرَّجُلُ
فَيُصَلِّ بِصَلَاتِهِ الرَّهْطُ فَقَالَ عُمَرُ اِنِّي اَرَى لَوْ جَمَعْتُ
هَؤُلَاءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لَكَانَ اَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ
عَلَى أُبَيَّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خّرَجَتْ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى وَالنَّاسُ
يُصَلُّوْنَ بِصَلَاةِ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرَ نِعْمَ البِدْعَةُ هَذِهِ. (رواه
البخاري, ١٨١٧)
“Diriwayatkan
dari Abdurrohman bin Abd al-Qori, beliau berkata, “Saya keluar bersama
Sayyidina Umar bin al-Khabtbab ke masjid pada bulan Ramadhan. (Didapati dalam
mesjid tersebut) orang-orang shalat tarawih sendiri-sendiri. Ada yang shalat
sendiri-sendiri dan ada yang shalat dengan berjama’ah ”. Lalu Sayyidina Umar
berkata, “Saya punya pendapat andaikata mereka aku kumpulkan dalam jama’ah
dengan satu imam, niscaya itu lebih bagus”. Lalu beliau mengumpulkan mereka
dengan seorang imam, yakni sahabat Ubay bin Ka’ab. Kemudian satu malam
berikutnya, kami dating lagi ke masjid. Orang-orang sudah melaksanakan satu
imam. Umar berkata, “ Sebaik-baiknya bid’ab adalah ini. (Shalat tarawih dengan
berjama’ah)”. (HR al-Bukhari :1871).
Dalam
tradisi NU, di dalam melaksanakan shalat tarawih berjama’ah biasanya bilal
membacaصاوا سنة
ا لر ا و ى yang dibaca pada waktu akan melakukan
jama’ah shalat tarawih. Hal ini berdasarkan dalil dalam kitab Al-Qolyubi Juz, I
hlm. 125.
(وَيُقَالُ فِى اْلعِيْدِ
وَنَحْوِهِ) مِمَّا تُشْرَعُ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ كَاالْكُسُوْفِ وَالْاِسْتِسْقَاءِ
وَالتَّرَاوِيْحِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) لِوُرُوْدِ فِيْ حَدِيْثِ الشَّيْخَيْنِ
فِى اْلكُسُوْفِ وَيُقَاسُ بِهِ وَنَحْوِهِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) وَمِثْلُهُ
“هَلُمُّوْا اِلَى الصَّلَاةِ اَوِالْفَلَاحِ اَوِالصَّلَاةِ يَرْحَمُكُمُ اللهُ
وَنَحْوُ ذَلِكَ.ھ
“Di
dalam shalat ied dan shalat-shalat yang disyariatkan dilaksanakan secara
berjama’ah (seperti shalat khusuf, shalat istisqo dan shalat tarawih )di
sunahkan membaca الصلاة جامعة dan
bacaan semisalnya seperti هلموا الى الصلاة atau هلموا الى الفلاح يرحمكم الله dan lain sebagainya. Hal ini berdasarkan hadist Bukhari Muslim
tentang shalat kusuf, adapun yang lainnya di kias-kiaskan”.
Kaitannya
dengan hadist Riwayat Al Bukhari yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهَا قَالَتْ مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلَافِى غَيْرِهِ عَلَى اِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً (رواه
البخارى,١٠٧٩)
“Dari
Sayyidatuna Aisyah-Radbiyallohu’anba, ia berkata ,”Rosululloh …… tidak pernah
menambah shalat malam pada bulan Ramadhan atau bulan lain melebihi sebelas
rekaat”.(HR. al-Bukhari,1079)
Hadist
diatas sering dijadikan dalil shalat tarawih 11 rakaat. Namun menurut
keterangan dalam Kitab Tuhfah al-Muhtaj, Juz 11, hal 229 yang mengutip pendapat
Ibnu Hajar A-Haitami(seorang Ulama ahlussunah) meengatakan bahwa hadist
tersebut bukanlah dalil salah tarawih 11 rakaat melainkan dalil shalat witir.
Sebab berdasarkan kebanyakan riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW
melaksanakan shalat witir dan bilangan maksimalnya adalah sebelas rakaat.
Dalam
Kitab Kasyfu At-tabarih dikatakan
وَلمَاَّ كَانَتْ تِلْكَ
اْلَاحَادِيْثُ مُتَعَارِضَةٌ وَمُحْتَلِمَةٌ لِلتَّأْوِيْلِ لَمْ تَقُمْ بِهَا
الْحُجَّةُ فِى اِثْبَاتِ رَكَعَاتِ التَّرَاوِيْحِ لِتَسَاقُطِهَا فَعَدَّ لْنَا
عَنِ اسْتِدْلَالِ بِهَا اِلَى الدَّلِيْلِ اْلقَاطِعِ وَهُوَ اْلاِجْمَاعُ وَهُوَ
اِجْمَاعُ اْلمُسْلِمِيْنَ فِى زَمَنِ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ عَلَى فِعْلِهَا عِشْرِيْنَ رَكْعَةً رَوَاهُ الْبَيْهَقِى بِااسْنَادِ
الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كَانُوْا
يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرُ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِى
شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً اھ كشف التاريح ص ١٣
“Karena
dalil-dalil tentang bilangan shalat rakaat shalat tarawih saling berlawanan dan
memungkinkan adanya ta’wil maka tidak memungkinkan untuk dijadikan hijjah dalam
menetapkan rakaat shalatbtarawih karena dalil-dalil tersebut saling menjatuhkan
maka dari itu kami tidak mengambil dalildarihadist-hadist tersebut melainkan
menggunakan dalil yang Qot’I yaitu ijma’ kebanyakan orang islam ( dilaman
Sayyidina Umar RA ) yang melaksanakan shalat tarawih 20 rakaat berdasarkan
hadist riwayat Baihaqi dari sahabat As-saib bin Yazid RA dengan isnad yang
shahih, saib mengatakan : Mereka (orang-orang muslim) mengerjakan shalat
tarawih 20 rakaat pada bulan Ramadan di zaman Khalifah Umar RA”
Lebih
lanjut dalam kitab Kasyfu at-tabarih dikatakan.
وَاِذَا كَانَ اْلاَمْرُ
كَذَلِكَ عَلِمْنَا اَنَّ اللَّذِيْنَ صَلُّوْا التَّرَاوِيْحَ الْيَوْمَ ثَمَانَ
رَكَعَاتٍ مُخَلِّفُوْنَ لِلْاِجْمَاعِ اِنْ كَانَ فِى اَمْرٍ مَعْلُوْمٍ مِنَ
الدِّيْنِ بِاالضَّرُوْرَةِ فَهُوَ كَافِرٌ وَاِلَّا فَهُوَ فَاسِقٌ وَهُمْ
مُخَالِفُوْا أَيْضًا لِسُنَّةِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَمَنْ خَالَفَ
سُنَّةَ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ فَقَدْ خَالَفَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
غَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِاَنَّهُ قَالَ فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ خُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ اْلمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِيْ (رواه ابو داود والترميذ اھ كشف
التاريح ص ١٤)
“Dan
jika perfmasalahannya seperti itu (dalil yang Qot’I adalah dalil ijma yang
membenarkan bilangan rakaat tarawih 20 rakaat) maka dapat kita ketaahui bahwa
mereka yang melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat adalah bertentangan dengan
ijma dan orang yang menngingkari ijma tentang permasalahan yang sudah pasti
dalam agama adalah kafir atau fasik dan merfeka juga berftentangan dengan sunah
khulafaur Rosyiidin dan orang yang bertentangan dengan khulafaur Roysidin Juga
bertentangan dengan Nabi SAW, karena ia boleh bersabda “ Berpegang teguhlah
kamu sekalian dengan sunatku dan dengan sunat Khulafaur Rosyidin yang memberi
petunjuk sesudahku (HR. Abu Daud dan At-tirmidi)
No comments:
Post a Comment